Jumat, 02 September 2016

Panwas Akan Jaring Pengawas Pelajar

Selama ini, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kesulitan mengawasu pelanggaran pilkada di lembaga pendidikan. Ketua Panwas Kota Yogyakarta Agus Muhamad Yasin mengatakan mengacu data yang diperoleh panwas, jumlah pemilih pemula yang duduk di bangku SMA sebanyak 6.832. "Mereka potensial kami merekrut menjadi relawan. Selama ini, lembaga pendidikan sulit kamo akses," kata Agus saat melantik panitia pengawas kecamatan di Benteng Vredeburg.

Agus menjelaskan bahwa relawan pilkada dari kalangan pelajar diharap melaporkan dugaan pelanggaran dari oknum guru maupun karyawan sekolah setempat. Adapun pelanggaran yang di takutkan terjadi yakni oknum itu menggiring opini pelajar ke sosok tertentu. "Apalagi pemilih pemula rentan dimanfaatkan karena baru akan menggunakan hak pilihnya dalam pemilu pertama kali," paparnya.

Menurut saya apa yang dilakukan sudah brnar pada pemilihan pertama kali biasanya kita mudah dipengaruhi. Selain itu karena siswa/siswi juga kebanyakan menurut terhadap guru guru di sekolah dan menjadikan sebagai panutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar